Tips Mudah Merangkai Bunga untuk Pemula


rangkaian-bunga-meja-surabaya03

Toko Bunga Surabaya menjual  berbagai bunga dengan warna yang berbeda-beda. Bunga saat ini sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia baik untuk hiasan rumah atau untuk acara tertentu. 

Rangkaian bunga bisa dibeli dengan berbagai varian harga mulai dari harga terjangkau hingga yang mahal. Rangkaian bunga dibuat dengan menggabungkan beberapa jenis bunga dalam satu ikatan.

Teknik Toko Bunga Surabaya Untuk Merangkai Bunga

Rangkaian bunga yang digunakan sebagai hiasan biasanya diletakkan di dalam vas bunga. Rangkaian bunga tidak harus selalu dibeli tetapi juga bisa dibuat sendiri di rumah. 

Mungkin sebagian orang berpikir, rangkaian bunga hanya bisa dibuat oleh yang sudah ahli saja, padahal rangkaian bunga bisa dibuat oleh siapa saja dengan mengetahui cara-caranya. 

Nah, berikut ini ada beberapa langkah atau teknik yang bisa diikuti oleh orang yang baru pertama kali ini merangkai bunga. Setelah itu baru diketahui bahwa merangkai bunga bukanlah sesulit yang dibayangkan.

1.      Tentukan Konsep

Langkah pertama yang bisa dilakukan bagi perangkai pemula adalah menentukan atau mengetahui bagaimana konsep rangkaian yang ingin digunakan.  
Jika ingin merangkai bunga untuk sebuah acara, maka rangkaian tersebut disesuaikan dengan tema acara tersebut. 
Bagi yang pertama kali belajar, sebaiknya mulai dari rangkaian bunga dari yang sederhana dulu. 
Kemudian setelah mengetahui langkah dasar baru mulai merangkai bunga untuk acara formal atau informal. Setelah mengetahui konsep, maka mengetahui bunga apa yang akan digunakan pun lebih mudah. Bunga dengan harga murah dijual di toko bunga Surabaya murah.

  1. Kombinasikan Jenis bunga
Bunga yang akan dirangkai dipilih dari jenis yang berbeda supaya kemudian dikombinasikan menjadi sebuah rangkaian bunga yang indah. 
Bunga dengan jenis warna berbeda setidak-tidaknya dipilih sebanyak tiga jenis. Pilih satu jenis dengan ukuran agak besar untuk nantinya saat dirangkai diletakkan di bagian tengah rangkaian. 
Bunga yang akan diletakkan juga dipilih yang warna lebih cerah  dan mudah terlihat di antara bunga-bunga yang lain.          
Ternyata ukuran rangkaian bunga juga dipengaruhi oleh jenis bunga. Jika yang dipilih jenis bunga yang berukuran lebar tentu ukuran rangkaian pun besar. 
Sebaliknya untuk ukuran rangkaian bunga yang agak kecil maka bunga yang dipilih pun bunga yang berukuran kecil-kecil. Bunga dengan berbagai variasi juga bisa dibeli di tempat jual bunga Surabaya.

  1. Paduan Warna Bunga dengan Tema
Suatu acara biasanya memiliki tema warna apa yang digunakan. Bahkan tidak hanya untuk sebuah acara, mungkin saja dekorasi rumah pun memiliki tema tersendiri sehingga rangkaian bunga untuk hiasan rumah pun harus disesuaikan dengan warna tema. 
Agar rangkaian dari tempat jual bunga Surabaya Timur tersebut benar-benar berfungsi. Jangan malah membuat rumah menjadi tidak indah.
Bunga yang diletakkan di dalam suatu ruangan atau ketika ada acara tertentu tujuannya agar keindahan yang dipancarkan menjadi sempurna. 
Sehingga menyesuaikan warna bunga, model rangkaian bunga dengan tema perlu diperhatikan. 
Di sebuah acara pernikahan, warna rangkaian bunga yang dipilih adalah warna yang lembut dan elegan untuk acara yang digelar di malam hari. Sedangkan untuk acara yang digelar di siang hari sebaiknya di gunakan rangkaian bunga yang berwarna cerah.

  1. Pemilihan Vas Bunga
Rangkaian bunga untuk hiasan biasanya diletakkan dalam vas bunga. Vas bunga yang dipilih boleh bagaimana saja asalkan nanti sesuai dengan rangkaian bunga. 
Jika ingin rangkaian bunga terlihat klasik namun elegan maka vas bunga yang digunakan adalah vas bunga yang terbuat dari kaca. 
Vas bunga juga ada yang terbuat dari keramik yaitu sebagai hiasan meja. Selain itu, jika kamu tidak menyukai vas bunga seperti ini maka boleh saja menggunakan vas bunga lain, gunakan kreativitasmu untuk membuat rangkaian bunga lebih menarik dan beda dari rangkaian bunga biasanya.

  1. Tangkai dipotong sesuai ukuran vas
Langkah selanjutnya adalah memotong daun dan duri yang ada pada tangkai bunga agar bunga terlihat rapi. 
Bunga yang dipotong tidak kurang dari ketinggian vas bunga, lebih boleh. Jika takut ada kesalahan saat pemotongan batang tanaman, maka tangkai bunga boleh diletakkan sejajar dengan vas bunga terlebih dahulu, kemudian baru dipotong.

  1. Cara menata bunga
Bunga yang telah dibersihkan, dipotong dan dirapikan, maka saatnya proses merangkaikan. Untuk menghasilkan rangkaian bunga yang cantik, bunga yang berukuran lebih besar diletakkan di bagian tengah rangkaian kemudian  baru diikuti bunga yang kecil-kecil. 

Rangkaian saat pesan bunga Surabaya tersebut diikat dengan kawat atau boleh juga menggunakan lem kertas. Selain itu agar bunga bisa tertata dengan rapi, caranya juga bisa dengan meletakkan busa di bagian bawah rangkaian dengan tujuan batang bunga bisa berdiri tegak. Perlu diketahui bahwa cara seperti ini tidak cocok digunakan untuk vas bunga kaca.

  1. Tambahan aksesoris
Rangkaian bunga yang didapatkan saat pesan bunga Surabaya online jika ingin terlihat lebih cantik dan menarik bisa dengan menambahkan aksesoris contohnya tumbuhan pakis. 
Bunga dalam vas bunga tentu tidak hanya diletakkan di satu tempat saja, tetapi bisa diletakkan di tempat mana pun yang diinginkan. 
Untuk itu, agar rangkaian bunga bisa dinikmati dari arah mana saja, maka perlu diatur ketinggian dan cara menata bunga agar nantinya nampak simetris bisa dinikmati dari sudut manapun.
 Untuk menjaga kesegaran bunga, air yang digunakan dalam vas adalah air yang bersih dan diganti secara rutin jika airnya sudah tidak layak pakai.

Hindari Kesalahan Saat Merangkai Bunga Berikut Ini

Setelah mengetahui beberapa langkah merangkai bunga di atas, beberapa orang masih memiliki kesalahan dalam merangkai bunga. 
Untuk menghindari kesalahan bagi perangkai pemula, maka wajib tahu 3 kesalahan yang biasanya terjadi ketika merangkai bunga. Sangat banyak menggunakan jenis bunga yang berbeda dalam satu rangkaian
1.      Terlalu Banyak Jenis  dan Warna
Membuat rangkaian bunga boleh menggunakan jenis bunga yang berbeda, bukan tidak boleh. Tetapi jangan terlalu banyak. Jika menggunakan 3 jenis bunga saja boleh. 

Namun, yang menggunakan jenis bunga sangat banyak lebih dari 5 jenis bunga misalnya, bisa saja hal ini membuat karangan bunga Surabaya menjadi kurang menarik.

Sebelum membuat rangkaian bunga yang perlu diperhatikan adalah warna apa yang ditonjolkan dari rangkaian bunga tersebut. 
Pilihan warna tunggal untuk sebuah rangkaian bunga akan membuat rangkaian tersebut terkesan mahal dan kuat. 

Warna-warna lain juga boleh diberikan saat beli karangan bunga Surabaya asalkan nantinya warnanya seimbang. Bunga terlalu sesak
Jika karangan bunga di atas meja ingin terlihat sempurna, maka salah satu caranya adalah sedikit melonggarkan susunan bunga, tidak boleh terlalu sesak atau tidak boleh terlalu longgar. 

Salah satu cara yang bisa dipakai adalah teknik clustering. Dengan memakai teknik ini, rangkaian bunga terlihat padat padahal ada ruang yang diberikan di antara bunga-bunga tersebut. Selain itu, juga bisa menambah tumbuhan hijau lainnya seperti daun segar atau daun sintesis.

2.      Tidak langsung mengisi air ke dalam vas
Kesalahan yang ketiga adalah membiarkan bunga yang sudah dirangkai tanpa di rendam ke dalam air dalam waktu yang lama. Tentu hal ini bisa membuat bunga cepat layu. Suhu juga berpengaruh terhadap rangkaian bunga. 

Jangan letakkan bunga pada suhu yang terlalu panas. Air dalam keadaan hangat bisa membuat bunga lebih cepat mekar dan suhu air yang dingin bisa membuat bunga segar lebih lama. Perhatikan cukup air bagi kebutuhan bunga di dalam vas bunga.

Itulah beberapa teknik yang bisa diikuti dan diaplikasikan bagi perangkai bunga yang masih baru dan ingin belajar lagi. Apapun kegiatan jika kita tahu caranya, semua yang susah pun menjadi mudah. Begitu juga dengan merangkai bunga dan jangan malas berlatih. Untuk mendapatkan bunga, bisa mengunjungi toko bunga Surabaya.

Toko Bunga Surabaya Agustina Florist,siap melayani pemesanan dan pengiriman karangan bunga untuk ke area Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Madura, Madiun

HP : 0812 3343 7027
WA : 0818 0329 1424
Email : agustinaflorist44@gmail.com
Website Katalog : clianthabunga.com