Website Katalog Toko Bunga Surabaya

Website Katalog Toko Bunga Surabaya
Klik image untuk melihat katalog produk kami

9 Tips Penting untuk Tanam Bunga Orchid Butterfly


orchid-butterfly

Toko bunga Surabaya menyediakan bunga anggrek dengan harga tertentu. Bunga anggrek kupu-kupu dalam bahasa Inggris berarti Orchid Butterfly, namun dalam Biologi bernama Phalaenopsis amabilis. 

Bunga yang berasal dari genus Phalaenopsis ditemukan oleh ahli Botani Belanda yang bernama Dr. Blume. Bunga dari Phalaenopsis kini sudah hadir ke Indonesia dan terdiri dari beberapa macam jenis. 

Bunga anggrek kupu-kupu memiliki ciri-ciri yaitu kelopak bunga yang lebar dan biasanya didominasi oleh warna putih. Namun, saat ini banyak jenis bunga anggrek hibrida yang memiliki corak yang bervariasi.

Agar bisa tumbuh dengan baik, bunga orkid butterfly ini membutuhkan sedikit sinar mentari langsung. Daun yang dimiliki tumbuhan ini berwarna hijau dengan ukuran yang panjang sedangkan akarnya berwarna putih seperti akar serabut dan memanjang. 

Untuk pembelian bunga anggrek dalam jumlah banyak misalnya dalam bentuk karangan bisa mengunjungi tempat beli karangan bunga Surabaya. Sebenarnya bunga orkid butterfly ini ditemukan di hutan, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan. 

Nah, jika ingin menanam sendiri di pekarangan rumah juga bisa dan tentunya memerlukan perawatan dan langkah sendiri agar bisa hidup dengan baik. 

Berikut ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui jika ingin menanam bunga orkid butterfly.
9 Tips dari Toko Bunga Surabaya untuk Tanam Bunga Orkid Butterfly

1.      Karakteristik mofologi bunga orkid butterfly

Sebelum melakukan proses penanaman bunga orkid butterfly, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui ciri morfologi bunga orkid butterfly ini. 
Tanaman hias yang juga bisa disebut bunga anggrek kupu-kupu ini sebenarnya adalah tanaman tahunan yang tempat tinggalnya bisa menempel di pepohonan atau di semak-semak juga bisa. 

Bunga anggrek yang juga bisa dipesan melalui pesan bunga Surabaya Online ini juga bisa menempel di tanah. 
Dan yang penting untuk diketahui bahwa bunga anggrek ini bunga tumbuhan parasit. 

Meskipun dia hidup menempel di tumbuhan lain yang lebih besar darinya, tetapi tidak bertujuan untuk menyerap atau mengambil makanan dari tumbuhan lain tersebut. Bunga anggrek hanya menumpang saja tidak sampai merusak tumbuhan lain.

Sama seperti tumbuhan pada umumnya, untuk memperoleh makanan dan bertahan hidup, bunga anggrek melakukan fotosintesis sendiri yang dibantu oleh cahaya matahari. 

Bunga anggrek yang tumbuh sendiri di batang pohon bisa hidup berlama-lama bahkan berbulan-bulan. 

Jika ingin memindahkan tanaman anggrek dari habitat aslinya ke pot, maka sebaiknya habitat aslinya juga diambil sampelnya sedikit agar nanti anggrek bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Bunga anggrek ada langkah-langkah tertentu dalam pemindahan tanaman ini, tidak dilakukan begitu saja tanpa perawatan. Bunga anggrek dengan harga murah bisa didapatkan di toko bunga Surabaya murah.

  1. Siapkan media tanam
Media tanam adalah hal penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bunga anggrek, termasuk jenis orkid butterfly. 
Sehingga perlu pemilihan media tanam yang sesuai. Media yang digunakan untuk menanam bunga anggrek ini bisa menggunakan  potongan sabut kelapa, akar pakis atau arang. 

Menanamnya tidak terlalu sulit, meskipun memang memerlukan tempat dan media yang sesuai agar bunga ini bisa tumbuh dengan baik.

  1. Siapkan tempat
Tempat di mana nantinya bunga anggrek ini ditanam juga perlu diperhatikan. Tempat yang sebaiknya digunakan adalah tempat di mana nantinya tumbuhan anggrek bisa menyerap sinar mentari dengan cukup. 

Tempatnya harus dijaga kelembaban agar tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah. Bunga anggrek yang digunakan tersedia di tempat jual bunga Surabaya.

  1. Ukuran tinggi pot
Selain faktor media dan tempat, ternyata tinggi pot juga berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman anggrek kupu-kupu ini. 

Untuk menghasilkan tanaman anggrek yang subur, sebaiknya pot diletakkan dengan ketinggian yang lebih atau di tempat yang lebih tinggi, jika tidak punya tempat yang tinggi, boleh dengan membuat tanaman hias anggrek gantung. Selain itu, kadar cahaya yang diterima oleh orkid butterfly juga perlu diperhatikan.

  1. Pemilihan bibit
Untuk menghasilkan tanaman anggrek yang berkualitas tentu bibit yang dipilih juga harus bibit yang bagus. 
Biasanya bibit yang digunakan adalah bibit yang siap tanam yaitu bibit yang sudah memiliki daun dan memiliki akar serta berumur sekitar 1 tahun. 

Bibit tersebut harus ditanam dalam plastik jika tidak segera dipindah tanamkan ke media tanam. Kemudian, jika bibit sudah tumbuh dengan panjang sekitar 5 cm dengan diameter 6 sampai 12 cm, berarti bibit anggrek ini sudah bisa dipindahkan ke dalam pot. Bibit bunga anggrek dengan berbagai warna bisa ditemui di toko bunga Surabaya.

  1. Penanaman anggrek kupu-kupu ke dalam pot
Untuk menanam bunga anggrek ini bisa digunakan pot yang mana saja seperti pot tanah liat, pot kayu ataupun pot plastik. Jika ingin menggunakan pot bekas juga boleh, namun untuk hasil yang lebih bagus, pot tersebut dibersihkan sebelum digunakan. 

Pot bekas yang telah tumbuh lumut atau jamur perlu dibersihkan terlebih dahulu, hingga lumut tersebut menghilang. Untuk pot bunganya juga tersedia di tempat jual bunga Surabaya timur

Pot yang digunakan baik pot baru atau pot bekas sebaiknya yang ada lubang di bagian dinding pot atau di bagian dasar pot agar bisa terjadinya sirkulasi udara serta tidak terjadi penumpukan air di bagian akar tanaman anggrek.

  1. Gunakan kawat penyangga
Penanaman anggrek ini di dalam pot adakalanya memerlukan tiang penopang yang bisa digunakan ialah kawat yang kecil, ukuran diamaternya antara 2 sampai 4mm. kawat penyangga ini berguna untuk memperkokoh berdirinya tanaman anggrek karena tanaman anggrek ini terkadang bisa tumbuh tinggi dan menjulang ke atas. 

Untuk pemesanan kawat bunganya, bisa melalui tempat pesan bunga Surabaya. Selain itu dengan adanya kawat penyangga tentunya bisa membuat tanaman anggrek semakin tumbuh optimal. 

Beberapa bulan berselang, biasanya tanaman anggrek akan muncul akar keluar dari pot. Akar yang keluar tersebut tidak boleh di masukkan lagi ke dalam pot, tetapi yang harus dilakukan adalah pindahkan tanaman anggrek dari pot kecil tersebut ke pot yang lebih besar.

  1. Perhatikan suhu
Tanaman anggrek bisa tumbuh dengan  baik jika diletakkan di tempat yang suhunya sesuai dengan kebutuhan bunga anggrek. 

Biasanya suhu yang baik untuk tanaman anggrek sekitar 14C sampai 36C dengan suhu yang baik tentunya bunga yang dihasilkan  juga bagus. Bunga dalam bentuk karangan juga tersedia di tempat karangan bunga Surabaya.

  1. Cara pemindahan
Jika bunga anggrek ingin dipindahkan ke pot yang lebih besar atau ke tempat yang lebih luas seperti memindahkannya ke tanah langsung, juga boleh. Tetapi ada caranya. 

Jika ingin memindahkan ke tanah langsung, maka sediakan terlebih dahulu lahan yang siap untuk ditanami anggrek. Tanah bisa digemburkan terlebih dahulu dan diberi pupuk. 

Berbagai tumbuhan kecil-kecil yang tidak perlu, dibuang saja agar tanah benar-benar bersih untuk ditanami bunga anggrek. Bunga anggrek dipindahkan dengan hati-hati agar akarnya tidak putus atau rusak.

Itulah 9 hal yang perlu diketahui bagi kamu yang ingin membudidayakan tanaman orkid butterfly. Cara menanam bunga anggrek berbeda dengan cara menanam bunga pada umumnya. Untuk perawatannya juga memiliki cara tersendiri. Jika membutuhkan bunga Anggrek dengan berbagai warna, bisa mengunjungi toko bunga Surabaya.

Toko bunga Agustina Florist Surabaya siap melayani pemesanan berbagai macam karangan bunga untuk segala acara,info lebih lanjut silahkan hubungi kami :

HP : 0812 3343 7027

WA : 0818 0329 1424

Email : agustinaflorist44@gmail.com

Website Katalog : clianthabunga.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel