Website Katalog Toko Bunga Surabaya

Website Katalog Toko Bunga Surabaya
Klik image untuk melihat katalog produk kami

Mengenal Varietas Bunga Krisan dan Manfaatnya bagi Kita


gambar bunga krisan

Jual bunga di Surabaya – Bunga krisan sering juga disebut dengan bunga seruni atau krisantemum. Biasanya bunga ini dibudidayakan sebagai tanaman hias atau untuk dipetik lalu dirangkai. 

Ada banyak jenis bunga krisan yang bisa kita temukan di berbagai negara. Awal mula ditemukan bunga krisan adalah di negara Jepang, sehingga bunga ini dijadikan sebagai bunga nasional oleh negara Jepang. 
Oleh masyarakat sana bunga ini juga diolah menjadi minuman teh yang memiliki aroma dan rasa yang khas.

Manfaat bunga krisan

Bunga krisan dari dulu hingga saat ini sering sekali dimanfaatkan oleh banyak orang. Orang Jepang dan orang China sering kali memanfaatkan untuk kesehatan dan untuk hiasan. 

Banyak orang yang mengatakan bahwa manfaat kesehatan dari krisan adalah untuk menyembuhkan gangguan pernapasan seperti flu dan membersihkan liver. Ramuan kesehatan dari tanaman krisan ini sering kali dicampur dengan minuman anggur.

Teh yang terbuat dari tanaman krisan sudah banyak kita temukan. Biasanya kelopak bunga krisan yang berwarna kuning dan putih yang sering digunakan sebagai bahan pembuat teh. 

Manfaat dari minuman ini adalah sebagai relaksasi dari penatnya pekerjaan harian kita. 

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari minuman ini adalah sebagai penyegar tenggorokkan, mempercantik bentuk tubuh, memulihkan kesegaran tubuh serta menjaga kesehatan mata. Seorang ahli kimia tanaman obat menyatakan bahwa krisan mengandung zat yang mampu menyerap racun dalam tubuh kita.

Jenis bunga Krisan yang bisa ditemui di Indonesia

Jenis bunga krisan yang terdapat di Indonesia pada umumnya adalah hibrida yang asalnya dari negara Belanda, Amerika dan negara Jepang. 

Jenis krisan yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia antara lain:

1.      Krisan Kuno

krisan kuno

Walau disebut dengan krisan kuno atau krisan lokal, ternyata krisan ini tidak berasal dari negara Indonesia tetapi mampu beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tropis. Ciri khusus dan krisan ini adalah siklus hidupnya selama 7-12 bulan setelah satu kali penanaman.

2.      Krisan Hibrida

krisan hibrida

Krisan ini sangat jauh berbeda dengan krisan ini lokal. Perbedaannya terletak pada jangka waktu hidupnya serta siklus hidup yang relatif pendek.

3.      Krisan Indonesia

krisan indonesia

Bunga ini merupakan tanaman yang ditemukan oleh para peneliti Indonesia. 
Tetapi secara umum krisan yang ada di Indonesia hanya terdapat dua jenis saja yakni krisan standar dan krisan spray. 

Krisan yang jenis standar dapat digolongkan menjadi dua jenis yakni standar hibrida dan lokal. Pada bunga krisan standar hibrida adalah jumlah kuntum yang hanya satu pada setiap tangkainya, lalu kelopaknya mekar dengan kompak pada diameter 8-12 sentimeter dengan banyak warna.

Untuk ciri krisan standar lokal adalah jumlah bunga yang ada pada satu tangkainya adalah 2 sampai 3 kuntum bunga dengan panjang tangkainya mencapai 80 sentimeter. 

Kesegaran bunga krisan ini juga tidak tahan lama hanya sekitar 5 hari saja. Diameter dari bunga ini sekitar 12 hingga 15 sentimeter dengan warna putih dan kuning. Krisan jenis ini bisa kita temukan di toko bunga Surabaya.

4.      Chrysanthemum segetum

Chrysanthemum segetum

Tinggi tanaman krisan ini kurang lebih 50 sentimeter, dengan siklus hidupnya adalah 3 bulan setelah penyemaian. 

Jika hidup di pohon bunga ini mampu bertahan hidup selama 2 bulan. Dalam budi daya krisan biasanya dilakukan dengan melalui biji, stek pada batang atau umbi akar, dan dengan cara rekayasa genetika. 

Jika Anda menyimpan biji bunga krisan di tempat kering, maka biji tersebut mampu bertahan hingga beberapa tahun dan tidak mengurangi kualitas dari bunga tersebut. Bunga ini memiliki bentuk yang cukup unik seperti cakram dengan warna kuning pada kelopaknya.

5.      Chrysanthemum inodorum

 Chrysanthemum inodorum

Chrysanthemum inodorum tingginya sekitar 35 sentimeter dan bunganya muncul ketika sudah melewati bulan ke-3 setelah dilakukan penyemaian. 

Bunga ini bisa hidup selama 2 bulan di pohon. Ketika bijinya dalam proses dormansi, maka akan mampu bertahan selama beberapa tahun dan kualitas tanamannya tetap terjaga. Tanaman krisan ini bisa disemai lewat bijinya dan mampu tumbuh setelah 2 minggu kemudian.

6.      Chrysanthemum carinatum

Chrysanthemum carinatum

Bentuk dari krisan jenis ini adalah cakram dengan tiga warna yang melingkar di sekitarnya, lalu di tengah bunganya terdapat warna yang cukup gelap. 

Ada banyak warna pada Chrysanthemum carinatum. Perbanyakan tanaman ini bisa melalui penyemaian biji yang akan tumbuh setelah 2 minggu.

7.      Chrysanthemum maximum

Chrysanthemum maximum

Tinggi dari krisan ini bisa mencapai satu meter dengan bunga yang memiliki tangkai yang panjang. Bentuk dari bunga ini adalah cakram dengan warnanya yang putih. 

Biasanya orang-orang menggunakan krisan ini sebagai tanaman hias di kebun, tanaman hias di tembok dan tidak jarang digunakan sebagai buket bunga untuk hadiah. Krisan ini bisa kita beli di toko bunga Surabaya.

8.      Krisan Bercabang

Krisan Bercabang

Krisan ini memiliki banyak cabang dan ranting pada tangkainya. Sehingga terbentuk rangkaian bunga yang bulat. Ada beraneka macam bentuk cakram yang tersusun dari krisan ini.

Arti bunga krisan yang di jual bunga Surabaya

Setelah mengetahui berbagai macam jenis bunga krisan serta manfaatnya, kita juga perlu mengetahui arti dari berbagai macam warna yang ada di bunga krisan. 

Hal ini cukup penting karena krisan sering kali dijadikan sebagai hadiah bagi orang yang berarti bagi hidup kita. 

Biasanya hadiah yang diberikan adalah rangkaian bunga krisan dalam bentuk buket. 

Arti dari warna bunga krisan yang biasa di jual di toko bunga Surabaya adalah:

·         Krisan Merah

krisan merah

Warna merah sering kali disimbolkan sebagai bentuk keberanian, rasa cinta yang mendalam, serta teguh pada pendirian. 

Namun warna merah dalam bunga krisan memiliki arti rasa cinta yang kuat dan besar. Jika Anda ingin menyatakan perasaan kasih sayang kepada seseorang yang dicintai, memberi krisan dengan warna merah adalah pilihan yang tepat. 

Krisan dengan warna merah menyiratkan makna romantisme juga, sehingga bagi penerima akan merasa diperhatikan dan dicintai.

·         Krisan Kuning

bunga krisan kuning

Jika Anda ingin memberikan rasa bahagia, keceriaan, serta semangat positif kepada teman atau orang yang dikasihi maka bunga krisan dengan warna kuning adalah hadiah yang tepat. 

Hadiah buket bunga krisan kuning bisa menjadi hadiah yang berkesan bagi penerima yang akan menjalankan usaha tertentu, atau orang yang akan melakukan perjalanan jauh, bisa juga sebagai hadiah kepada mereka yang sedang berjuang sekolah ataupun kuliah.

·         Krisan Putih

krisan putih

Krisan yang berwarna putih dianggap sebagai simbol dari kesetiaan dan cinta yang tulus. Hadiah buket bunga krisan dengan warna putih bisa kita berikan kepada orang tua, istri kita, dan kekasih yang sudah lama menjalani hubungan dengan kita.

·         Krisan Ungu

bunga krisan ungu

Warna ungu pada krisan melambang persahabatan yang erat serta sebagai ungkapan penyemangat kepada kerabat ataupun saudara Anda. 

Krisan dengan warna ungu ini memang cukup sulit untuk ditemukan, tetapi akan terasa sangat berkesan jika kita menjadikannya sebagai hadiah. Krisan jenis ini bisa kita dapatkan di jual bunga Surabaya.

Agustina Florist

Pasar Bunga Kayoon,Stand.C,No.69
Jalan Kayoon , Surabaya

HP : 0812 3343 7027
WA : 0818 0329 1424

Website Katalog : clianthabunga.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel